Ayo! Indonesia Bisa. Ayo! Indonesia Bisa. Ayo! Indonesia Bisa. Ayo! Indonesia Bisa. Ayo! Indonesia Bisa. Ayo! Indonesia Bisa. Ayo! Indonesia Bisa.

Ayo Indonesia Bisa is a liberation movement of Indonesian society from economic difficulties, with the empowerment of people power itself. Ayo Indonesia Bisa theme of "unity is strength, along with weapons." Concepts used in this program is to help one another with a network system that harnesses the power of the people of Indonesia who now number 250 million people and in 2020 estimated 300 million people.

27.3.10

"Bisa"

1bi·sa* v mampu (kuasa melakukan sesuatu); dapat: ia -- membaca, tetapi tidak -- menulis;
alah -- oleh (krn) biasa, pb
sesuatu yg sukar, kalau sudah biasa dikerjakan, tidak terasa sukar lagi;
-- jadi mungkin; boleh jadi: -- jadi, ia datang kemari sore nanti;
ke·bi·sa·an n kepandaian; kecakapan; kebolehan;
se·bi·sa·nya adv semampu yg dapat dikerjakan; sedapatnya

2bi·sa* n 1 zat racun yg dapat menyebabkan luka, busuk, atau mati bagi sesuatu yg hidup (biasanya terdapat pd binatang); 2 ki sesuatu yg buruk, yg dapat merusakkan akhlak manusia atau masyarakat: ajaranmu itu akan menjadi -- bagi kami;
-- kawi kekuatan gaib (tulah dsb) yg menimpa orang krn melanggar adat dsb;
ber·bi·sa v 1 mengandung zat racun: ular -; 2 ki dapat merusakkan akhlak kehidupan: ajarannya - bagi masyarakat; 3 mengandung unsur jahat yg dapat menjerumuskan orang lain; 4 ki menyakitkan (hati): mulutnya -;
ke·bi·sa·an ark n 1 pengaruh atau kerja bisa (racun) pd tubuh dsb; 2 terkena racun (bisa)

* KBBI Maret 2010


BISA

Bahasa Indonesia memang dikenal dengan istilah konotafi (mengandung banyak pegertian). Jika kata ‘bisa’ berdiri sendiri. Audiens akan kesulitan untuk menentukan maksud dari kata ‘bisa’, tersebut. Namun jika digabungkan menjadi sebuah kalimat atau frase, akan membentuk sebuah makna yang mudah dipahami.

‘Bisa’ yang dimaksud di sini adalah pengertian ke ‘1; dalam KBBI di atas. Yaitu ‘mampu’ atau ‘dapat’.

Seperti halnya kata “Ayo”, kata “Bisa” bisa juga digabungkan dengan banyak hal. Baik positive maupun negative; bisa ngaji, bisa lari, bisa luntur, bisa jatuh, bisa hamil, bisa keguguran, bisa joss, bisa hot, bisa aja, bisa Mp3, bisa gak? bisa kali!, bisa kok, bisa download, bisa internet, bisa pakai, bisa makan, bisa larut malam, bisa sampai pagi, bisa terluka, bisa mati, bisa hidup, bisa terpanggang, bisa hanyut , bisa… bisa dan masih banyak lagi bisa bisa lain yang “bisa”, yang juga tidak bisa ditulis semuanya di sini.


0 komentar:

Posting Komentar